Bentley, 20 Tahun Keunggulan Di Bidang Teknik

Rabu 31-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Mencari kehalusan dan tenaga mesin dua belas silinder tanpa ukuran yang berlebihan, diciptakanlah W12.

Intinya, dua mesin V6 sudut sempit berbagi poros engkol yang sama, W12 kompak ini 24 persen lebih pendek dari V12 konvensional, sehingga ideal untuk garis kencang dan berotot dari Continental GT, yang diluncurkan pada tahun 2003.

Dengan sistem intake, exhaust, turbocharging, dan intercooling baru yang dikembangkan sendiri oleh para insinyur Bentley, Continental GT 2003 menghasilkan tenaga 552bhp.

BACA JUGA: HYPTEC HT, SUV Listrik Mewah AION, Resmi Hadir di Indonesia

Torsi puncak sebesar 479 lb.ft dicapai dari 1.600 hingga 6.100 rpm, memberikan model baru torsi gelombang pasang pada kecepatan mesin apa pun yang selalu menjadi ciri khas Bentley.

Kombinasi tenaga 12 silinder, penggerak semua roda, dan kecepatan tertinggi hampir 320 km/jam, dipadukan dengan bentuk Continental GT yang sensual dan lancar, terbukti menjadi sensasi global.

Continental GT menciptakan dan mendominasi sektor pasar baru, kesuksesan yang terus berlanjut hingga empat generasi model dan lebih dari 20 tahun.

BACA JUGA:Menjawab Kerinduan Pecinta Sedan, AION ES Meluncur dengan Harga Rp386 Juta

Piston dan conrod dipasangkan dalam set yang seimbang hingga sepersekian gram sehingga mesin akhir akan berputar cukup lancar untuk lulus 'uji koin' yang terkenal dan menghasilkan tenaga dan keandalan yang optimal.

W12 yang sudah jadi, setelah diuji kebocorannya, diuji dinginnya, dan dinyalakan dalam pengujian panas, mampu menggerakkan Continental GT Speed dari 0-60 mph dalam 3,5 detik (0-100 km/jam dalam 3,6 detik) dan terus hingga 208mph, sekaligus memberikan kehalusan dan keandalan yang halus sepanjang masa pakainya.

Kategori :

Terpopuler