Masih Bingung Kaki Sebelah Mana Yang Diturunkan Ketika Motor Berhenti? Yuk Di Simak Sob

Sabtu 24-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Saat mengendarai sepeda motor jenis  sport atau cub, kedua kaki pengendara berada di masing-masing footstep kanan dan kiri.

Kaki bagian kanan berada di footstep untuk mengendalikan rem belakang sedangkan kaki bagian kiri bertugas menaikkan dan menurunkan tuas gigi persneling yang berada di sebelah kiri.

Saat menghentikan motor, terutama di tengah kemacetan atau terhenti karena keadaan darurat, kaki yang manakah  yang harus didahulukan turun dari foot step sepeda motor. Bagian kiri atau kanan?

BACA JUGA:Ini 3 Solusi Serta Penyebab Kaki Mobil Berbunyi Gluduk

Nah, kaki kiri  berperan menjaga keseimbangan dan mengontrol berat sepeda motor.

Ketika Anda berhenti, sepeda motor bisa menjadi cukup berat untuk dipegang hanya dengan satu kaki.

Kaki kiri yang menopang berat motor membantu mencegah terjatuh.

Gunakan  Lajur Kiri

Ketika berhenti saat berkendara, sepeda motor harus ditopang dengan baik dan kaki pengendara bertugas untuk menggantikan standar sepeda motor, sementara untuk menahan atau menopang beban ketika berhenti sehingga sepeda motor lebih aman dan stabil.

BACA JUGA:Ingin Menguras Radiator Mobil? Begini Caranya Sob

Disarankan kaki pengendara yang pertama turun menginjak jalan atau lintasan untuk menahan motor adalah kaki bagian sebelah kiri.

Ini dikarenakan lalu lintas di Indonesia adalah menggunakan lajur kiri, maka setiap menghentikan motor pasti berada di kiri jalan.

Sehingga kendaraan di belakang cenderung melewati motor yang berhenti itu dari sisi kanan.

Jika pengemudi berhenti dengan menurunkan kaki kanan dikhwatirkan kaki kanan yang berada di sebelah kanan dapat terlindas kendaraan orang lain yang hendak menyalip kendaraan kita.

BACA JUGA:Berapa Literkah Sebaiknya BBM Cadangan di Tangki Mobil? Yuk Kita Bahas

Kategori :

Terpopuler