Jangan Remehkan! Segera Cegah Nyamuk Masuk Kabin Mobil Kalau Ogah Hal Buruk ini Menimpa Anda

Selasa 17-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : T. Sucipto

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM --- Tak jarang kabin mobil yang ditinggal lama, seperti saat mudik lebaran kemarin, menjadi sarang serangga kecil yang bernama nyamuk. 

Bisa ada di dalam kabin, biasanya nyamuk menyelinap masuk dari celah-celah kisi-kisi AC atau kaca pintu yang tak tertutup rapat.

"Nah, dari situ, nyamuk pun berkembang biak dengan bebas dan membentuk koloni di dalam kabin mobil," terang Dodyansyah, pemilik bengkel salon dan cuci mobil di kawasan Srengseng, Jakarta Barat. 

Keberadaan nyamuk ini tidak hanya mengganggu, tapi juga berisiko menyebarkan penyakit berbahaya jika ada nyamuk penyebar penyakit mematikan seperti demam berdarah.

BACA JUGA:Gampang! Begini, Cara yang Benar Mengencangkan Mur Roda Mobil

BACA JUGA:Warning! Ini 'Risiko Buruk' Pasang Alat Penghemat BBM, So Pikir-Pikir Lagi, ya Sob...

Untuk mengusir nyamuk dari kabin mobil, banyak orang langsung menggunakan semprotan anti-nyamuk. 

Langkah ini memang efektif dalam mengusir nyamuk, namun perlu diingat bahwa obat semprot anti-nyamuk mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

"Zat kimia aktif seperti Transfluthrin, DEET, Propoxur, dan DDVP dapat terhirup atau mengendap di dalam mobil, meninggalkan residu yang tidak sehat," lanjut Dody, begitu biasa pria ini dipanggil.

Lalu, apa solusi terbaik untuk menjaga kabin mobil tetap bebas dari nyamuk? 

BACA JUGA:Terungkap! Ini Beberapa Alasan, Kenapa Air Radiator Diberi Pewarna? Ternyata...

BACA JUGA:Apa Boleh Menambah Zat Aditif Pada Bensin Agar Oktan Jadi Tinggi? Ini Jawaban Jujurnya, Sob!

Cara paling sederhana adalah dengan selalu menjaga kebersihan mobil dan pastikan jendela tertutup rapat agar nyamuk tidak bisa masuk dengan mudah.

Membersihkan semua kotoran dan sisa makanan dari dalam mobil merupakan langkah penting untuk mencegah nyamuk dan serangga kecil lainnya bersarang di dalam mobil.

"Namun, jika Anda ingin solusi yang lebih efektif dan aman, Anda dapat menggunakan sistem fogging khusus mobil yang kini banyak ditawarkan oleh layanan salon mobil," anjur Dody . 

Kategori :

Terpopuler