Busi Mobil Mulai Melemah? Periksa Sob, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Busi Mobil Mulai Melemah? Periksa Sob, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Penyebab kedua yaitu jika terlalu banyak bahan bakar yang masuk ke bagian ruang mesin. Hal ini dapat menyebabkan permukaan dari komponen busi menjadi sering basah.

Selain itu, karburator pun bisa jadi terendam oleh bahan bakar. Dampak selanjutnya yaitu busi akan mengalami kesulitan dalam membuat percikan bunga api.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Masalah Mobil Selama Musim Hujan Datang

Dalam waktu yang panjang, hal ini juga bisa membuat ruang mesin mobil menjadi kotor dan lembab, serta dapat memicu kerusakan pada komponen lainnya.

3.Masuknya Oli ke Ruang Mesin

Jika oli masuk ke bagian ruang mesin mobil, maka dapat menjadi penghalang kinerja busi dalam membuat bunga api. 

Selanjutnya, hal ini dapat merusak berbagai komponen lain seperti koil dan power transistor, serta mengganggu aliran listrik.

Penyebab dari hal ini umumnya karena dinding silinder pada mesin telah mulai aus, sehingga ring tidak bisa mencegah masuknya oli ke bagian ruang mesin.

BACA JUGA:Lampu Mobil Mati Mendadak? Sabar, Lakukan Tindakan Cepat Ini

Jika hal ini sudah terjadi, maka biasanya ditandai dengan terlihatnya asap putih kebiruan dari bagian knalpot. Baunya pun tercium seperti pembakaran dari oli mesin.

4. Proses Pembakaran yang Tidak Sempurna

Penyebab umum selanjutnya yaitu karena tidak sempurnanya proses pembakaran pada mesin mobil.

Biasanya, ini merupakan dampak dari pemakaian bahan bakar yang kualitasnya kurang baik, serta tidak memiliki perbandingan yang ideal di antara udara dan bahan bakar.

Dampaknya, karbon yang diproduksi terlalu banyak dan menumpuk. Sisa karbonnya pun dapat menempel pada bagian permukaan busi.

BACA JUGA:Catat! Ini Parameter Mobil Bisa Lolos Uji Emisi, Jangan Sampai Kena Tilang

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya