Apasih Fungsi Resonator di Knalpot Mobil? Ini Jawabannya

Apasih Fungsi Resonator di Knalpot Mobil? Ini Jawabannya

BACA JUGA:Inilah Semua Komponen yang Ada di Kaki Mobil

Perbedaan Resonator Panjang dan Pendek

Baik resonator panjang maupun pendek memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu mengubah karakteristik suara yang dihasilkan oleh gas buang dari mesin. 

Namun, panjang resonator dapat memengaruhi bagaimana cara sistem ini melakukan tugasnya.

1. Resonator Panjang

Resonator panjang memiliki ukuran yang lebih besar atau lebih panjang dibandingkan dengan resonator pendek. Biasanya juga memiliki tabung atau silinder yang cukup panjang.

Resonator panjang seringkali digunakan untuk meredam suara dengan lebih efektif dan menghasilkan suara knalpot yang lebih halus. 

BACA JUGA:Jangan Panik! Ini Solusi Jika Mobil Tidak Bisa di Kunci, Trik Cepat Mengatasinya

Karena panjangnya, resonator ini juga memiliki potensi untuk lebih efektif dalam meredam getaran yang mungkin dihasilkan oleh gas buang.

2. Resonator Pendek

Resonator pendek memiliki ukuran yang lebih pendek daripada resonator panjang. Resonator pendek dapat mengubah karakteristik suara knalpot, tetapi cenderung menghasilkan suara yang lebih keras dan mungkin dengan suara yang lebih tinggi atau nyaring. 

Ini dapat menghasilkan suara yang lebih sporty atau berat. Resonator pendek mungkin memiliki sedikit pengaruh pada efisiensi aliran gas buang, dan dalam beberapa kasus, dapat menghasilkan aliran gas buang yang lebih cepat.

Perbedaan Resonator dan Muffler

Resonator dan muffler merupakan dua komponen yang berbeda pada sistem knalpot mobil. Keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda dalam mengelola suara dan gas buang dari mesin mobil. 

Berikut adalah apa beda muffler dan resonator:

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya