Busi Mobil Mati? Begini Cara Menagatasinya

Busi Mobil Mati? Begini Cara Menagatasinya

Jika busi terlihat kotor atau berkerak, sebaiknya segera bersihkan dengan hati-hati. kalian bisa menggunakan sikat kecil dan cairan pembersih khusus untuk busi agar tidak memicu korosi.

Saat membersihkan, pastikan tidak ada kotoran atau kerak yang tersisa atau masih menempel pada elektroda. Kemudian setelah dibersihkan, pastikan businya sudah berada dalam kondisi kering sebelum dipasang kembali.

6. Ganti dengan Busi yang Baru

Jika setelah semua langkah di atas dilakukan namun busi mobil kalian masih tidak bisa berfungsi dengan baik, itu artinya kalian perlu segera menggantinya dengan busi yang baru.

Pastikan untuk memilih busi yang sesuai dengan merek dan tipe mobil kalian. 

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Cover Mobil? Ada Hal yang Wajib Kamu Ketahui Nih!

Pilih komponen busi berkualitas yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil yang dipakai untuk memastikan kinerjanya optimal.

Tanda-Tanda Busi Perlu Diganti

Sebaiknya, jangan tunggu hingga busi mati untuk menggantinya dengan yang baru. Idealnya, segera ganti busi pada mobil kalian ketika melihat berbagai ciri-ciri berikut.

1. Mobil Bergetar Ketika Idle

Busi yang aus atau kotor dapat menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Ini membuat mobil bergetar karena tidak berjalan dengan mulus saat dalam kondisi idle (diam).

2. Mobil Sulit Distarter

Jika busi tidak dapat menciptakan percikan listrik yang cukup kuat, mesin akan sulit menyala, terutama saat pertama kali dihidupkan. Biasanya, dibutuhkan beberapa kali starter hingga mobil bisa menyala.

BACA JUGA:Mau Beli Aki Mobil Baru Tapi Bingung Sob? Begini Cara Tepatnya

3. Busi Kotor atau Warnanya Menjadi Gelap

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya