Teknik > Teknik Motor > Tips >

Knowledge Aki Motor

Aki Basah Vs Aki Kering

  • Aki Basah Vs Aki Kering

    Perbedaan Aki Basah dan Kering

Jakarta, OX. Enggak cuma pilihan yang beragam dari segi harga dan merek. Secara spesifik, di pasaran juga tersedia aki sesuai tipenya. Ada dua yang umum dikenal motormania, yakni aki basah dan aki kering. Seperti apa keunggulan masing-masing tipe aki tersebut? Nah, buat tambahan informasi, simak penjelasan berikut ini sob.

Sama kayak mobil, di motor juga tersedia aki basah dan aki kering. “Dibilang aki basah, karena masih menggunakan elektrolit alias cairan asam sulfat. Sementara aki kering atau biasa dikenal aki MF (maintenance free), yakni aki yang minim perawatan,” terang Lambo, mekanik bengkel umum Tekupla Custom & Servis.

Dari kedua tipe itu, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh dari segi harga, umumnya sih, harga aki basah lebih murah jika dibanding aki kering. Ini tentu berkaitan juga dengan teknologi dan fitur yang diusung dari tiap tipe aki. “Aki kering atau MF adalah aki terkini yang belakangan mulai banyak diaplikasi pada motor-motor baru,” sambung mekanik berdarah Padang ini sembari bilang kalo aki kering lebih praktis dalam penggunaannya.

Masih menurut Lambo, meski aki kering sudah mulai banyak dan umum dipakai, bukan berarti aki basah hilang sama sekali. “Beberapa tipe dan merek motor, masih banyak yang mengandalkan aki basah kok. Selain itu, aki basah juga populasinya masih diproduksi dan banyak beredar di toko-toko spare-part motor. Jadi, mudah untuk ditemukan,” tukas pria yang biasa buka praktik di Jl. Hos Cokroaminoto No.32, Ciledug Raya, Tangerang, Banten ini.      

 

Leave Comment

(Required)