Jok Mobil Anda Fabric? Lakukan Cara Ini Untuk Membersihkannya Agar Jok Anda Awet

Jumat 09-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Jok bahan fabric sampai saat masih banyak digunakan pada sebagian besar produk mobil di pasaran, khususnya untuk mobil di segmen menengah.

Bahan ini memang nyaman, tapi karena memiliki sifat yang mudah menyerap, jok mobil berbahan fabric lebih rentan terlihat kotor karena jika terkena kotoran atau noda akan menyerap dan jika dibiarkan akan sangat sulit untuk dibersihkan.

BACA JUGA:Hino Mencatatkan 106 SPK dan Raih Favorite Commercial Vehicle Truck di GIIAS 2024

Nah, solusi terbaiknya adalah jika terkena noda harus segera dibersihkan.

Tapi ingat, untuk membersihkannya ternyata tidak bisa dilakukan dengan secara asal-asalan.

Bagaimana cara membersihkan yang tepat?

Untuk membersihkan noda pada jok fabric, sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus pembersih jok mobil dengan cara cukup dilap atau disikat dengan sikat halus secara perlahan dan jangan digosok dengan keras.

BACA JUGA:Toyota Menyediakan 3.374 Unit Sustainable Mobility Solutions Untuk Mendukung Aktivitas di Venue Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Kenapa? Karena bahan fabric adalah bahan kain, dimana terdapat struktur serat atau jahitan anyaman yang saling mengikat.

Cairan pembersih khusus jok mobil mengandung senyawa kimia yang cenderung korosif untuk mengangkat kotoran yang menyerap di dalam serat kain fabric.

Cairan ini berpotensi mengikis atau melemahkan struktur serat anyaman bahan fabric, dan sangat rontok jika digosok terlalu keras.

Kalau ada satu bagian serat anyaman yang sudah putus atau rontok, besar kemungkinan kerusakan akan menyebar karena jahitannya sudah dalam kondisi tidak menyatu lagi.

Kategori :

Terpopuler