Cewek Wajib Baca, Ini Macam-macam Oli Motor Matik

Sabtu 17-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Perkembangan jumlah sepeda motor  matik di Indonesia meningkat  tajam.

Salah satu alasan motor matic laris di pasaran, karena matic memiliki kelebihan yang tidak dimiliki motor spor maupun motor bebek. 

Seperti body motor  yang jauh lebih ramping, mudah dikendarai dan gesit  digunakan di jalan raya maupun gang sempit.

BACA JUGA:Segera Cuci Motor Anda Jika Terkena Air Hujan, Sebab Apabila Tidak 7 Komponen Ini dapat Rusak

Dan cenderung praktis. Disamping motor matic memiliki pilihan model yang beragam sesuai dengan kebutuhan konsumen, terutama kaum perempuan. 

Sebagai  Perempuan pengguna sepeda motor matik, pengendara disarankan mengetahui cara perawatan motor agar dapat memperpanjang umur motor, meningkatkan keamanan dan kenyamanan  untuk menunjang pengalaman berkendara tetap menyenangkan.

Tips pertama yang harus diperhatikan para Perempuan pengguna motor matic dalam perawatan motornya adalah melakukan penggantian oli secara rutin yang berfungsi sebagai pelumas untuk pelindung komponen metal pada mesin yang bergesekan secara terus-menerus pada saat motor digunakan . 

Dua Jenis Oli

Ada dua jenis oli yang wajib digunakan pada sepeda motor jenis matik, yaitu oli mesin dan oli transmisi atau biasa disebut oli gardan.

BACA JUGA:Berikut Tips Cara Mengatasi Karat Pada Sepeda Motor

Perbedaan dari kedua jenis oli tersebut adalah bagian motor tempat oli digunakan, yaitu oli mesin bekerja sebagai pelumas pada bagian komponen mesin.

 Sementara oli transmisi bekerja sebagai pelumas pada komponen gigi transmisi atau final reduction gear di sistem transmisi otomatis.

Ini  perbedaan kedua oli tersebut 

Oli Mesin

Ada 2 jenis oli mesin yang dibedakan pada sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yaitu JASO MA dan JASO MB.

Kategori :

Terpopuler