5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Mobil

Sabtu 31-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan lap chamois atau kanebo untuk mengeringkan air di mobil, serta lap microfiber untuk membersihkan bagian bodi, kaca, dan velg.

 BACA JUGA:Masih Bingung Perbedaan Tune Up Dan Service Pada Sepeda Motor? Ini Penjelasannya Sob


5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Mobil--istimewa

3. Menggosok Kotoran Terlalu Keras

Saat sedang cuci mobil, Anda tentu pernah menemukan beberapa jenis kotoran membandel yang menempel di permukaan, misalnya kotoran burung, bekas oli, lumpur, dan lain sebagainya.

Terkadang, ada orang-orang yang justru menggosoknya dengan terlalu keras, padahal ini juga merupakan salah satu penyebab timbulnya goresan. Alih-alih membersihkan, menggosok dengan keras justru hanya akan memperparah kerusakan pada cat.

Oleh karena itu, gunakan teknik mencuci yang lebih lembut. Jangan paksakan jika memang kotorannya masih belum bisa hilang dalam sekali usap.

Sebaiknya, basahi terlebih dahulu mobil Anda untuk melunakkan kotoran tersebut , kemudian gunakan spons atau kain pencuci yang terbuat dari bahan lembut seperti mikrofiber.

Kemudian, bersihkan permukaan yang bernoda dengan gerakan memutar yang lembut, mulai dari bagian atas mobil dan bergerak ke bawah. Ini akan mengurangi risiko goresan dan memastikan kotoran bisa hilang sempurna.

 BACA JUGA:Beberapa Penyebab Knalpot Mobil Ngebul

4. Tidak Menggunakan Air Bersih untuk Membilas

Kesalahan selanjutnya saat cuci mobil yaitu, banyak orang yang menggunakan air yang sudah tercampur dengan sisa sabun atau kotoran untuk membilas. Hal ini justru bisa merusak permukaan mobil.

Sebab, air yang kotor tentu sudah mengandung sisa-sisa debu, minyak, dan bahkan kerikil halus yang bisa menggores cat mobil Anda.

Untuk itu, pastikan selalu menggunakan air bersih yang mengalir saat membilas mobil Anda.

Menggunakan semprotan air dari selang adalah pilihan terbaik karena dapat meluruhkan kotoran dengan cepat tanpa meninggalkan sisa.

Selain itu, penggunaan air bekas mencuci untuk membilas juga bisa meninggalkan residu sabun yang bisa menyebabkan bercak-bercak dan membuat mobil terlihat kusam.

Kategori :

Terpopuler