Terbukti! 5 Faktor Penting ini Bisa Menentukan Umur Pakai Aki Mobil Lebih Panjang, Cekidot Sob!

Jumat 13-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : T. Sucipto

Perawatan atau Servis Berkala

Seperti halnya mesin, aki juga membutuhkan perawatan dan servis secara berkala, mulai dari setrum ulang hingga penambahan atau penggantian cairan aki. 

Untuk memudahkan perawatan aki, pastikan untuk melakukan servis rutin di bengkel resmi.

"Para teknisi di sana akan melakukan pengecekan aki sebagai bagian dari servis rutin yang biasa Anda lakukan. Dengan begitu, aki kendaraan Anda akan tetap awet dan tahan lama," lanjut Yongki.

BACA JUGA:Pengen Hemat BBM? Mulai Sekarang, Buang 3 Kebiasaan Buruk ini saat Mengemudi, Salah Satunya Sering Banget Kamu Lakukan Tuh!

BACA JUGA:Lagi Cari Mobil, Sob? Tips Pilih Mobil Sesuai Profesi ini Bisa Jadi Referensi, Dijamin Klop dan Gak Nyesel Dah!

Penggunaan Perangkat Elektronik

Belakangan ini, banyak orang yang menambahkan perangkat elektronik tambahan pada kendaraan mereka, seperti lampu tambahan atau perangkat audio. 

Semua perangkat tersebut akan menguras tenaga aki kendaraan Anda. Jadi, pastikan untuk mengecek kembali perangkat elektronik tambahan yang dipasang. 

Jika tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya lepas saja agar aki kendaraan Anda tetap awet dan tahan lama.

Jarang Memanaskan Mesin

Karakter pemakaian kendaraan juga berpengaruh besar terhadap umur pakai aki. Salah satu kesalahan fatal adalah jarang memanaskan mesin sebelum digunakan. 

BACA JUGA:Stop Irit Penggunaan Oli Mesin di Mobil Kalian Sob, Bahaya Besar ini Sedang Mengintai Anda

BACA JUGA:Sering Pakai BBM RON Rendah? Siap-Siap Terima Dampak Negatif ini di Mobil Kalian, Sob!

Pemanasan mesin tidak hanya berguna untuk memaksimalkan tenaga mesin, tapi juga untuk mengisi ulang daya aki agar lebih optimal. 

"Jadi, pastikan untuk selalu memanaskan mesin selama 5-10 menit sebelum menggunakan kendaraan Anda agar aki tetap awet dan tahan lama," anjur Yongki.

Kategori :

Terpopuler