Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor

Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor

Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor -Mercedesbenzid.bus-Mercedesbenzid.bus

BACA JUGA:Hindari Kecelakaan Fatal di Jalan Perumahan, Ini Tips Berkendara Auto2000 untuk Tingkatkan Kewaspadaan Saat Mengemudi


Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor -Mercedesbenzid.bus-Mercedesbenzid.bus

Engine Brake, atau constant throttle, pada truk Mercedes-Benz Axor dilengkapi dengan exhaust brake yang dapat membantu proses pengereman menjadi lebih maksimal.

Fitur ini berguna karena memberikan pilihan pengereman yang lebih baik kepada pengemudi.

Engine brake juga dapat membuat truk lebih hemat bahan bakar, dikarenakan saat engine brake aktif tidak adanya penyemprotan bahan bakar setetes pun pada mesin. Keuntungan lainnya saat engine brake aktif antara lain adalah penghematan kampas rem, sistem pendinginan mesin bekerja maksimal, sistem pelumasan bekerja maksimal, sumber kelistrikan pun maksimal. Engine brake pada Truk Mercedes-Benz Axor akan aktif ketika RPM engine di atas 900, pedal gas dan pedal kopling tidak diinjak.

BACA JUGA:Awas Jangan Salah! Ini Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil

Di dasbor sisi kiri dari pengemudi, terdapat beberapa tombol pendukung yang mudah dijangkau oleh pengemudi, yaitu:

1. PTO (Power Take Off) Switch

Tombol (8) ini digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan sistem hidrolik karoseri pada Mercedes-Benz Axor tipe konstruksi. Ketika tombol ini ditekan, akan meneruskan momen puntir dari transmisi ke pompa hidrolik yang terpasang untuk diteruskan menuju sistem hidrolik karoseri. Setelah sistem hidrolik aktif, pengemudi dapat menambah kecepatan sirkulasi hidrolik dengan cara menginjak pedal gas sampai dengan maksimum rpm yang diatur pada program control unit.

2. Tombol Power-window 

Terdapat tombol power-window (9) untuk jendela di sisi pengemudi. Tombol power-window ini dapat juga ditemukan pada tipe Axor 4928 (T) dan Axor 4028 (T)).

BACA JUGA:6 Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah

3. Tombol Differential Lock

Tombol (10) ini berfungsi untuk menghubungkan gardan satu dengan lainnya berputar searah dengan kecepatan yang sama.

Ketika jalan licin dan menekan tombol ini satu kali, maka fitur Interaxle (Double ringan) Differential Lock diaktifkan, sehingga truk lebih aman dan tidak tergelincir ketika melakukan manuver. Dengan menekan sekali lagi, Interaxle dan Interwheel Differential Lock akan aktif secara bersama. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya