Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor

Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor

Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor-Truck Technical Trainer -Truck Technical Trainer

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Sebelum melakukan perjalanan mengendarai kendaraan niaga truk Mercedes-Benz Axor, pengemudi perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan metode yang umum digunakan pada truk Mercedes-Benz, yaitu metode 5-PWA, atau 5 Position Walks Around (lima posisi mengitari unit).

Pengecekan ini wajib dilakukan supaya selama perjalanan dapat terhindar dari kecelakaan yang merugikan pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Cara pengecekan untuk jenis truk Rigid, Tractor-Head, maupun truk terkhusus konstruksi dan pertambangan seperti Dump Truck ternyata tidak sama.

Bisa disesuaikan dengan ada tidaknya komponen fifth-wheel, ataupun ada tidaknya sistem hidrolik karoseri seperti PTO Switch.

BACA JUGA:Keren Ternyata Honda EM1 E Menggunakan Aki Honda BeAT

Perbedaan komponen untuk berbagai jenis truk seperti ini yang membedakannya dengan metode pengecekan mobil. Pengemudi membutuhkan pengetahuan khusus mengenai kelengkapan truk.

Berikut adalah detail metode 5-PWA dimana pengemudi harus memastikan tiap komponen truk Mercedes-Benz Axor dalam kondisi optimal:

1. Pengecekan Bagian Depan Truk

Pada bagian depan kendaraan ini, pertama pengemudi harus mengecek lampu untuk mendeteksi apakah semua lampu dalam kondisi baik (tidak ada yang pecah), dan juga mengecek bumper untuk mengetahui apakah ada penyok atau tidak terpasang dengan baik.

Lalu, pengemudi bisa membuka maintenance flap (penutup depan) untuk mengecek level oli kopling, level air radiator, level oli mesin, maupun ketersediaan air wiper. Setelah itu, pengemudi juga bisa memanjat bagian depan truk dengan cara menginjak footsteps yang berada pada bagian tengah bumper dan berpegangan pada handrail yang tersedia di antara kaca depan dengan grille atau maintenance flap yang berguna dalam mengecek kondisi wiper dan kaca depan truk, untuk memastikan segala sesuatunya baik dan siap digunakan. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Anda Biarkan Pelek Motor Anda Penyok, Karena Fatal Akibatnya

2. Pengecekan Sisi Kiri Truk

Di bagian ini, pengemudi bisa mengecek kaca samping dan kondisi masing-masing spion terlebih dahulu, memastikan pengemudi nantinya bisa memastikan minimnya blind-spot ketika mengendarai.

Kemudian, pengemudi bisa mulai mengecek mesin, transmisi, keausan kopling, sistem kemudi dan oli power-steering (pengecekan hanya dilakukan saat kondisi mesin hidup), maupun sistem rem di bawah kabin, sekaligus mengecek kondisi ban depan secara visual, angin ban, dan suspensi depan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya