Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor

Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor

Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor-Truck Technical Trainer -Truck Technical Trainer

Dari bagian belakang kabin, pengemudi bisa juga mengecek kondisi rangka dan menjungkit kabin untuk memeriksa bagian mesin.

Namun pengemudi harus memastikan juga saat menjungkit kabin tidak ada benda yang berpotensi akan terjatuh mengenai kaca depan.

BACA JUGA:Jangan Pernah Memanaskan Motor Dalam Ruangan, Karena Sangat Berbahaya


Tips Sebelum Mengendarai Truk Mercedes-Benz Axor-Truck Technical Trainer -Truck Technical Trainer

Di bagian belakang kabin sisi kiri, pengemudi juga bisa mengecek kondisi baterai dan aki kendaraan, untuk memastikan semua kabel yang tersambung masih dalam kondisi maksimal.

Setelah itu pengemudi bisa mengecek water separator, apakah ada air atau tidak, dan jika terindikasi adanya kandungan air maka segera buang melalui drain-plug yang tersedia pada mangkok atau bowl tersebut.

Kemudian pengemudi juga harus mengecek kondisi ban serep, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya masalah di perjalanan yang membuat pengemudi harus mengganti ban.

Terakhir, pengemudi juga harus menginspeksi kondisi per suspensi di sekitar ban depan - belakang, dan juga mengecek propeller shaft - power train, karena ini merupakan komponen penting pada sistem penggerak roda yang membantu menahan getaran kendaraan dan jarak transmisi.

BACA JUGA:Awas! Ini Bahayanya Jika Anda Menyemprot Bagian Dalam Mesin Motor Dengan Angin Kompresor

3. Pengecekan Sisi Belakang Truk

Di bagian belakang truk Mercedes-Benz Axor, ada beberapa aspek yang penting untuk dipastikan kondisinya.

Terpenting adalah pengemudi harus memastikan kondisi gandar belakang, supaya tidak ada slip ataupun masalah lain ketika pengemudi mengendarai truk di medan yang berat.

Pengemudi juga harus memastikan maksimalnya lampu ekor (tail lamp) untuk bisa memberikan sinyal bagi kendaraan lain di jalan, serta memastikan kondisi warning alarm untuk memberi peringatan bagi pengemudi ketika ada obstruksi di belakang (blind-spot) truk.

Bagi Mercedes-Benz Axor yang digunakan untuk menarik trailer, pengemudi juga harus memastikan kondisi fifth-wheel coupling yang berfungsi untuk mengunci trailer.

BACA JUGA:Porsche 911 Turbo 50 Years, Meluncurkan Model Edisi Eksklusifnya

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya