Panduan Tol: 7 Aturan Penting yang Harus Kamu Patuhi Saat Berkendara

Senin 25-03-2024,10:28 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

Kondisi di jalan tol yang umumnya melibatkan kecepatan tinggi dan jarak antar kendaraan yang relatif dekat menjadikan margin waktu untuk bereaksi menjadi sangat minim. 

Pemakaian ponsel selama berkendara dapat memecah konsentrasi kalian terhadap lingkungan berkendara dan meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan. 

BACA JUGA:Catat Kelebihan dan Kekuarangan Mobil Bahan Bakar Bensin yang Menggunakan Turbo

BACA JUGA:14 Rekomendasi Minyak Rem Terbaik untuk Mobil Kesayangan Kalian

Jika kalian perlu menggunakan ponsel, gunakan hands-free atau berhentilah di tempat yang aman sebelum menggunakan ponsel. 

6. Mematuhi Lalu Lintas dan Petunjuk yang Ada 

Sama seperti di jalan raya umum, penting untuk memperhatikan dan mengikuti semua rambu serta petunjuk yang terdapat di jalan tol. 

Patuhi setiap arahan yang diberikan untuk mencegah kecelakaan dan memastikan perjalanan kalian berlangsung tanpa hambatan. 

Tanda-tanda ini dirancang untuk membimbing pengendara melalui jalan tol dengan aman dan membantu mengatur alur lalu lintas. 

BACA JUGA:Pintu Mobil Susah DIbuka? Ikuti Langkah Ini untuk Menyelesaikan Masalah Terkunci dari Dalam

BACA JUGA:Ban Mobil Benjol? Ini 4 Penyebabnya, Bisa Jadi Kamu Teledor

Mengabaikan tanda-tanda ini tidak hanya ilegal, tetapi juga sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. 

7. Menggunakan Lampu Utama Kendaraan pada Malam Hari 

Mengemudi di jalan tol selama malam atau ketika pencahayaan kurang memadai mengharuskan penggunaan lampu depan kendaraan. 

Penggunaan lampu utama di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk membantu kalian melihat jalan dengan lebih jelas dan memungkinkan pengendara lain melihat kendaraan kalian. 

Ini adalah aspek penting dari keselamatan berkendara, terutama di jalan tol di mana kecepatan kendaraan lebih tinggi. 

Kategori :