4 Mitos yang Beredar tentang Motor Baru

Sabtu 31-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

3. Untuk Periode Tertentu, Motor Baru Perlu Diatur Kecepatannya

Mitos terkait kecepatan untuk membawa motor yang masih baru ternyata cukup beragam, salah satunya yakni mitos bahwa motor yang baru perlu diatur kecepatannya untuk periode tertentu.

Alasannya pun serupa dengan dua pembahasan sebelumnya, yakni karena banyak orang yang meyakini bahwa motor tersebut masih membutuhkan masa penyesuaian di awal.

Namun tenang saja, poin ketiga ini hanya mitos. 

Tidak ada periode atau waktu tertentu yang perlu Anda luangkan sebelum bisa membawa motor melaju dalam kecepatan tinggi.

Sejak awal pembelian, motor Anda sudah siap menemani kebutuhan perjalanan Anda untuk batas kecepatan sesuai dengan saran dari pabrik.

Meski demikian, Anda mungkin mendapat saran dari pabrik atau dealer untuk mengendarai motor dengan batas kecepatan tertentu di masa awal.

Hal ini bukan sebuah keharusan, melainkan hanya anjuran atau saran.

BACA JUGA:Gejala yang Akan Timbul Jika Power Steering Mobil Anda Mengalami Kerusakan

Alasannya bukan karena mesin motor belum siap melaju dalam kecepatan tinggi atau kecepatan tinggi dianggap bisa merusak komponen.

Alasan yang lebih tepat yakni karena masa-masa awal tersebut bisa menjadi masa pengenalan dan penyesuaian untuk Anda sebagai pemilik motor.

Mengendarai motor yang masih baru dimiliki, atau mungkin tipe motor yang baru untuk Anda, sebaiknya dilakukan secara berhati-hati.

Masa penyesuaian ini bisa menjadi ajang untuk Anda mengenal berbagai karakteristik dari motor tersebut.

Maka dari itu, langkah paling aman yakni dengan tidak langsung membawanya dalam kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Beberapa Jenis Dongkrak Mobil Beserta Kelebihannya

Biasakan terlebih dahulu untuk kecepatan rendah dan sedang. Setelah merasa nyaman dan yakin, barulah meningkatkan kecepatan secara berkala dan sesuai kebutuhan. 

Kategori :

Terkait

Terpopuler