Ikuti Teknik Pengereman Pada Sepeda Motor Ini, Agar Selamat Di Perjalanan

Ikuti Teknik Pengereman Pada Sepeda Motor Ini, Agar Selamat Di Perjalanan

Ikuti Teknik Pengereman Pada Sepeda Motor Ini, Agar Selamat Di Perjalanan--istimewa

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Munculnya kecelakaan bermotor  di jalan raya bisa terjadi kapan saja, dan human error  disebut-sebut sebagai penyebab utama tingginya  jumlah kecelakaan di Indonesia.

Berdasar data Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas), disebutkan bahwa 76% kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya, melibatkan sepeda motor.

Jumlah persentase yang tinggi tersebut,  kabarnya  dikarenakan belum semua pengendara  paham menggunakan teknik berkendara yang benar terutama saat dalam situasi bahaya.

BACA JUGA:Apa Benar Honda Vario 160 Irit? Yuk Kita Bahas

Sejatinya, pengguna sepeda motor selain  harus bisa berkendara, wajib menguasai teknik pengereman yang benar dan ini jadi aspek kunci agar terhindar dari resiko kecelakaan.

Menurut fakta lain,  disebutkan bahwa penyebab tertinggi kecelakaan adalah karena kegagalan menjaga jarak aman dan kecerobohan saat berkendara, termasuk mengabaikan etika dan peraturan berkendara.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan,  ini beberapa tips praktis terutama  untuk para pemula yang sedang belajar naik motor:

1. Wajib Sehat

Pastikan kondisi tubuh  dalam keadaan prima.

BACA JUGA:Mitos Atau Fakta Busi Motor yang Pernah Jatuh Tidak Boleh Di Pakai Lagi

Kegagalan respons terhadap bahaya sehingga mengakibatkan kecelakaan biasanya disebabkan oleh kondisi pengendara yang kelelahan.

Untuk menghindari kelelahan sebelum dan saat perjalanan, sebaiknya pengemudi melindungi diri dari cuaca dengan menggunakan pakaian yang bisa menghalangi paparan angin dan matahari langsung.

Hindari berkendara pada larut malam atau di luar jam beraktivitas, dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping pada tubuh.

Apabila pengendara merasa kurang bugar atau mengantuk, disarankan beristirahat sejenak dan tidak melanjutkan perjalanan hingga kondisi badan kembali pulih dan segar.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya