Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor

Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor

Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor--istimewa

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, sebuah motor  secara perlahan akan kehilangan kompresinya atau biasa disebut loss compression.

Pada motor  yang kehilangan kompresi, akan membuat mesin kehilangan tenaga dan juga susah untuk dihidupkan.

Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa menyebabkan kerusakan pada area mesin motor menjadi semakin luas.

BACA JUGA:Manfaat Besar Ketika Anda Melakukan Tune Up Sepeda Motor

Ada beberapa hal yang menyebabkan motor menjadi kehilangan kompresinya.

Salah satunya bisa saja karena ausnya ring piston, klep terlalu rapat, paking silinder head rusak, dinding silinder baret, kualitas bahan bakar yang buruk, dan juga filter udara yang sudah waktunya untuk diganti.

Menurut Motorcycle Zombies, ada dua cara untuk melakukan cek kompresi motor, yakni dengan cara manual dan menggunakan alat bernama compression tester. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Begini cek kompresi motor manual

Keunggulan cek dengan cara ini , tidak memerlukan bantuan alat apapun saat melakukan pengecekan kompresi motor. Caranyanya? Simaklah : 

BACA JUGA:Aki Mobil Sudah Soak, Apa Masih Bisa Cas? Yuk Kita Bahas Sob

1. Pasang Standar tengah

Langkah pertama adalah dengan memposisikan motor dengan standar tengah. Pastikan pijakan motor berada di tempat yang rata dan keras. Agar lebih aman, letakkan  di atas papan agar motor tidak ambles.

2. Cabut busi

Lepaskan busi dengan kunci busi, lakukan secara perlahan agar drat dan ulir busi tidak slek atau terkoyak. Bersihkan juga busi dan lubang busi dengan menggunakan kain bersih.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya