Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor

Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor

Tips Sederhana Cara Menghindari Terjadinya Loss Compression Pada Sepeda Motor--istimewa

3. Tutup lubang busi

Langkah selanjutnya adalah dengan menutup lubang busi dengan menggunakan ujung jari atau bisa juga dengan menggunakan kain bersih.

4. Nyalakan mesin

Terakhir adalah dengan menyalakan mesin motor. Gunakan feeling untuk bisa merasakan kompresi yang dihasilkan oleh mesin motor dengan ujung jari yang digunakan untuk menutup lubang busi sebelumnya. Selain itu, dengarkan pula suara yang keluar pada saat motor nyala, semakin kencang maka kompresinya semakin tinggi.

cek kompresi motor manual terasa kurang efektif, juga tidak akurat. Jika kebocoran kompresinya relatif kecil, maka tidak akan bisa dirasakan.

BACA JUGA:Ini Penyebab Aki Mobil Mengalami Kerusakan

Begini Cek Compression Tester

Cara kedua untuk mengecek kompresi motor adalah dengan menggunakan alat bernama compression tester. Kelebihannya jika dibandingkan dengan pengecekan manual, cara ini lebih efektif dan efisien untuk mengetahui berapa besaran kompresi motor. Berikut cara cek kompresi motor dengan compression tester.

1. Lepaskan  busi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara melepas busi motor dengan menggunakan kunci busi. Pastikan melakukannya dengan benar agar tidak merusak ulir busi dan rumah busi.

2. Matikan kunci motor

Jika busi sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah dengan memutar kunci motor ke posisi off. Setelahnya, tutup pompa bahan bakar untuk mencegah pembakaran pada ruang mesin.

BACA JUGA:Apa Bisa Velg yang Retak atau Rusak Bisa Diperbaiki? Yuk Kita Bahas Sob

3. Masukkan selang pengukur

Masukkan fitting selang pengukur compression tester ke lubang busi pada motor.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya