Berapa Batas Usia yang Ideal Untuk Mengemudikan Mobil? Yuk Kita Bahas Sob

Berapa Batas Usia yang Ideal Untuk Mengemudikan Mobil? Yuk Kita Bahas Sob

Berapa Batas Usia yang Ideal Untuk Mengemudikan Mobil? Yuk Kita Bahas Sob--istimewa

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Secara legal, di Indonesia, usia minimal untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah 17 tahun.

Aturan ini diberlakukan untuk memastikan bahwa pengemudi memiliki kematangan fisik dan mental yang cukup untuk menghadapi tantangan di jalan raya. 

Adapun terkait batasan usia maksimal, sebenarnya tidak ada aturan terkait hal tersebut. Namun secara lebih lanjut, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menyatakan bahwa usia idealnya adalah antara 17 hingga 60 tahun.

BACA JUGA:Komitmen Kurangi Emisi CO2, Bridgestone Indonesia Berinovasi Kirim Ban Pertama Kalinya dengan Mobil EV

Batasan ini didasarkan pada kemampuan fisik dan mental yang biasanya diketahui lebih optimal pada rentang usia tersebut.

Meski tidak ada batasan usia maksimal, namun setiap lima tahun sekali, pemegang SIM diwajibkan untuk memperpanjang SIM-nya dengan menjalani tes kesehatan fisik dan psikis.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kemampuan mereka dalam mengendarai mobil masih memadai dan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain di jalan raya.

Mengapa Ada Batasan Berkendara Berdasarkan Usia?

BACA JUGA:Pemerintah Timang Kebijakan Asuransi Mobil Wajib Tahun Depan

Ada beberapa alasan mengapa usia orang yang boleh membawa kendaraan harus dibatasi.

Alasan pertama tentu saja untuk mengikuti standar regulasi pemerintah, sesuai dengan syarat usia minimum memperoleh SIM.

Adapun alasan yang kedua yaitu untuk mencegah risiko bahaya yang mungkin terjadi.

Sebab, pengemudi di bawah umur maupun pengemudi lanjut usia memiliki sejumlah potensi risiko tertentu dibandingkan dengan pengemudi berusia ideal.

BACA JUGA:Laba Bersih Astra Financial Naik 8% di Semester I 2024

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya